VISI MISI TAGANA MASUK SEKOLAH TMS

VISI MISI TAGANA MASUK SEKOLAH TMS







TUJUAN PELATIHAN TAGANA MASUK SEKOLAH TMS
1.      Tujuan dari Pelatihan ini adalah :
-       Memberikan pengetahuan dalam hal pembuatan keputusan darurat untuk siswa-siswi sekolah pada waktu bencana terjadi
-       Meminimalisir banyaknya jatuh korban pada saat terjadi bencana
-       Membuat SOP mana kala terjadi bencana di sekolah
2.      Siswa-siswi sekolah dapat mengetahui cara evakuasi diri dan penyelematan diri
3.   Semakin meyakinkan kepercayaan orang tua/wali murid bahwa anak mampu bertahan diri meski pun berada di luar lingkungan rumah/ keluarga


HASIL YANG DIHARAPKAN DARI TAGANA MASUK SEKOLAH TMS
1.      siswa-siswi sekolah mampu mengetahui berbagai macam gejala bencana alam yang akan terjadi (pengetahuan dasar PRB secara porposional menurut tingkat kemampuan anak).
2.      siswa-siswi sekolah mampu membuat suatu pemetaan wilayah rawan bencana alam (pengetahuan dasar PRB secara porposional menurut tingkat kemampuan anak).
3.      siswa-siswi sekolah mengetahui apa yang akan di lakukan ketika bencana belum terjadi, pada saat bencana terjadi dan setelah bencana terjadi (pengetahuan dasar PRB secara proposional menurut tingkat kemampuan anak).
4.      Sebagai agen perubahan siswa-siswi sekolah mampu memilki kemampuan dalam pengambilan keputusan secara darurat (pengetahuan dasar PRB secara proposional menurut tingkat kemampuan anak).


SASARAN PELATIHAN
Sasaran pelatihan ini adalah siswa-siswi sekolah beserta guru dan staff


MATERI PELATIHAN
1.      Pengetahuan tentang PRB untuk siswa-siswi sekolah
2.      Pengetahuan tentang SOP dan management PRB untuk guru dan staff

FASILITATOR
Anggota Tagana kabupaten Sleman


METODE PELATIHAN
Pada pelatihan ini materi di bedakan kedalam 2 (dua) bagian utama yaitu bentuk diklat secara teoritis, dan aplikatif berupa simulasi dilapangan, berikut adalah pemaparan dari kedua aktivitas tersebut :

Tindakan Kelas (kajian teoritis)
Pada kajian teoritis ini memuat materi-materi yang berhubungan dengan tindakan pencegahan dampak bencana, berupa ilmu-ilmu geologi, dimana metode yang digunakan secara variatif dengan memadukan pola pembelajaran secara tatap muka, selain itu metode pemberian materi pun beragam, mulai dari pemberian arahan materi hingga pemutaran dan penayangan berbagai kondisi dan dampak dari adanya suatu gejala geologi yang terjadi.
Selain itu untuk spesifikasi materi dan keberhasilan tujuan dari pelatihan ini, maka untuk siswa-siswi sekolah, mendapat porsi khusus, yakni kemampuan dalam pembuatan keputusan secara akurat mengenai pencegahan dan pengurangan resiko bencana alam.
Tehnik penyampaian materi di sesuaikan dengan usia anak sehingga system  pengajaran akan menyenangkan dan mudah di pahami dan di cerna. Adapun tehniknya adalah sebagai berikut:
1.      Melalui media Audio visual
2.      Melalui menggambar dan mewarnai
3.      Melalui puzzle / menyusun gambar
4.      Melalui pretest / post test untuk usia di atas 10th keatas
5.      Pemilihan leader utk usia 11th ke atas

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak